FILKOM UNBAJA Selenggarakan Workshop Peningkatan Mutu PKN, Proposal dan Skripsi

UNBAJA (2/3) Bertempat di Kampus 1, Fakultas Ilmu Komputer Universsitas Banten Jaya selenggarakan Diskusi Panel Tinjauan Pedoman Proposal Skripsi, Praktek Kerja Nyata (PKN), Pedoman Skripsi dan Tugas Akhir bagi mahasiswa UNBAJA pada Sabtu, 2 Maret 2019.

Diskusi dipimpin oleh Plt. Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Sutanto, S.Kom, M.Kom. Pada kesempatan tersebut Sutanto mengatakan pada diskusi ini dihasilkan beberapa kesepakatan dalam upaya peningkatan mutu baik mutu Proses maupun Output yang dihasilkan oleh setiap mahasiswa. Untuk peningakatan Mutu PKN ditingkatkan dengan mengevaluasi kompetensi Mahasiswa terhadap kesesuaian Tempat mahasiswa melakukan Magang/Praktek Kerja. Pada tahapan berikutnya dilakukan monitoring baik oleh dosen pembimbing maupun oleh pihak Fakultas  hingga mahasiswa tersebut dapat menyelesaikan Proses PKN. PKN sendiri merupakan Implementasi dari kurikulum selama mahasiswa mengikuti proses perkuliahan sehingga mahasiswa dapat membandingkan dan menerapkan teori yang didapat dengan dunia usaha dan Industri, ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Sutanto, untuk proposal skripsi, skripsi dan tugas akhir selain optimalisasi prosedur/pedoman yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa akhir, juga dibahas tentang peningkatan kualitas topik atau tema dari tugas akhir tersebut yang juga disesuaikan dengan Era Industri 4.0 pada saat ini.

Salah satu peningkatan kualitas skripsi dan tugas akhir adalah adanya penyesuaian topik skripsi/tugas akhir yang diajukan mahasiswa dengan kompetensi dosen pembimbing yang ditunjuk Fakultas untuk mendampingi dan membimbing mahasiswa selama menyusun skripsi/tugas akhir. Hal ini diharapkan hasil penelitian skripsi/tugas akhir mahasiswa dapat lebih substantif dan berdaya guna.

Diskusi panel ini dihadiri oleh dosen tetap Fakultas Ilmu Komputer Universitas Banten Jaya. Sebagaimana diketahui juga, bahwa FILKOM UNBAJA memiliki 3 program studi untuk Program S-1 yaitu Prodi Teknik Informatika, Prodi Sistem Informasi dan Prodi Kewirausahaan. Sementara untuk pogram Diploma Tiga (D-III) terdapat tiga pilihan program studi yaitu Teknik Informatika, Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi